Monday, August 9, 2010

SEKILAS SEJARAH KERAJAAN GORUM

Kerajaan Gorum merupakan kerajaan yang sudah tidak di kenal lagi, padahal kerajaan gorum merupakan kerajaan yang dulunya mempersatukan orang maluku.
Kerajaan Gorum sejak dahulu sudah demokrasi, semua pendapat harus dengan suara terbanyak. kerajaan GORUM terdiri dari tiga atas tanah yang pertama MANUWEI yang kedua MANUSA dan yang ketiga MANUSELA. Kerajaan Gorum mempunyai seorang raja yang di sebut  UPU LATU, Mempunyai  seorang maha pati yang bergelar PATI BOIRATAN, Mempunyai seorang panglima perang yang bergelar LESTEN TUNI. Jamannya kerajaan GORUM sudah ada  namanaya pasukan maritim. pasukan maritim ini di pimpim oleh dua panglima laut yang cukup tenar yaitu KAPITA(N) LAU dan KAPITAN SAHULAU.
Yang   disebutkan itu hanya yang ada di pemerintahan pusat, tetapi ada juga LATU, PATI DAN KAPITAN di sejumlah wilayah kekuasaan kerajaan GORUM.
Seperti yang sudah di utarakan diatas bahwa GOURUM terdiri atas tiga bagian yaitu  MANUWEI, MANUSA DAN MANUSELA.
MANUWEI Tempat dimana terdapat pusat pemerintahan GORUM itu sendiri. MANUSA merupakan Tuan atas pulau di seluruh kawasan GOURUM, dan MANUSELA merupakan tempat pencatatan semua orang yang masuk ke daerah kekuasaan GORUM. baca juga

No comments:

Post a Comment